Investasi Tanah Atau Deposito, Mana Yang Menguntungkan

Investasi tanah atau deposito merupakan jenis investasi yang paling diminati. Banyak kalangan mulai melirik kedua investasi ini. Investasi tanah dan deposito ini sama sama bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Akan tetapi, kedua investasi ini juga memiliki kelemahan, yang mana kelemahan ini bisa mengakibatkan kerugian.

Investasi Tanah Atau Deposito
Investasi Tanah Atau Deposito

Penjelasan Investasi Tanah Atau Deposito

Oleh karena itu, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang kedua investasi ini. Semoga dengan penjelasan singkat ini, bisa memberikan sedikit gambaran tentang investasi apa yang paling menguntungkan dari kedua investasi ini, apakah investasi tanah atau deposito. Berikut ulasanya.

Investasi Tanah

Salah satu keuntungan jika menginvestasikan uang dalam bentuk tanah adalah harga jual tanah yang bisa naik dua kali lipat dalam jangka waktu kurang lebih lima tahun. Belum lagi jika letak lokasi tersebut sangat strategis, harga jualnya pun bisa setinggi langit.

Terkadang Investor masih bingung Mana Yang Lebih Menguntungkan Investasi Tanah Atau Mobil Rental? kami juga pernah membahas hal ini di postingan sebelumnya yang dapat Anda baca pada link yang tersedia.

Investasi tanah ini tidak membutuhkan perawatan khusus seperti halnya investasi aparteman atau rumah yang membutuhkan perawatan seperti pengecatan.

Namun, investasi tanah ini hasilnya tidak bisa dinikmati setiap hari atau bulanan. Karena investasi tanah ini masuk dalam investasi jangka panjang, atau dengan kata lain membutuhkan waktu yang lama agar keuntungan dari tanah ini bisa dinikmati.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan investasi tanah adalah melihat lokasi tanah, keadaan tanah dan pastikan juga tanah yang Anda ingin jadikan investasi ini tidak dalam sengketa,bila perlu gunakan bantuan jasa notaris yang profesional.

Sama seperti investasi tanah, dalam investasi deposito ini juga memiliki banyak sekali keuntungan dan kelemahan. Oleh karena itu berikut ini adalah ulasanya untuk membandingkan investasi tanah atau deposito yang lebih menguntungkan.

Sebenarnya masih banyak ragam pilihan lainnya dibidang properti, misalnya cara investasi rumah yang menguntungkan, jeni ini lebih banyak untungnnya daripada tanah, namun juga lebih besar biaya perawatannya karena sudah berupa bangunan tidak mungkin tidak diurus.
Nilai dapat dilihat dari bangunannya bukan sekedar dari luas tanahnya lagi, nah nilai tambah inilah yang terkadang orang lebih suka melakuan pembelian rumah dibanding tanah saja.

Investasi Deposito

Salah satu keuntungan jika melakukan investasi deposito adalah memperoleh suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung dengan tabungan biasa.

Dalam investasi deposito ini, pemilik deposito dapat menerima pendapatan rutin dalam waktu tertentu. Karena sebagian bank di Indonesia memberikan kebijakan untuk dapat mentransfer bunga deposito tersebut ke rekening tujuan.

Keuntungan lain dari invesatasi deposito adalah deposito ini merupakan investasi yang paling aman dibandingkan dengan investasi yang lain semisal saham dan valuta asing. Akan tetapi investasi deposito ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang terdapat pada investasi deposito.

Salah satu kelemahan dari investasi ini adalah bunga deposito yang diperoleh tidak akan berarti jika terjadi inflasi. Sebagai contoh pada waktu yang lalu, tingkat inflasi di Indonesia mencapai 5,9 %. Padahal suku bunga deposito pada saat itu hanya 3,5% sampai 5,5 %.

Itulah keuntungan dan kelemahan yang terdapat pada investasi deposito. Sampai sini setidaknya sudah ada sedikit gambaran investasi tanah atau tanah yang lebih menguntungkan.

Sama seperti investasi tanah, investasi deposito ini juga terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, menentukan jangka waktu deposito. Jangka waktu deposito di bank sendiri biasanya terdiri dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan dan dua belas bulan. Penentuan jangka waktu ini tergantung dari kapan Anda membutuhkan dana ini.

Kedua, menentukan jenis deposito. Artinya, jika Anda ingin menjalankan investasi deposito dalam jangka waktu yang lama maka deposito jenis deposito berjangka adalah jenis deposito yang sangat cocok untuk Anda jalankan. Akan tetapi, jika memerlukan dana secara cepat dan tiba tiba maka jenis deposito yang cocok adalah deposito on call atau deposito liquid.

Ketiga, membandingkan suku bunga satu bank dengan bank yang lain. Hal ini untuk memberikan gambaran perbandingan suku bunga yang ada dibank tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang investasi tanah dan investasi deposito. Semoga dengan informasi yang telah dijelaskan diatas dapat memberikan gambaran perbandingan tentang investasi apa yang lebih menguntungkan, investasi tanah atau deposito.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
siska pratama
AUTHOR
January 15, 2016 at 12:23 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 24, 2016 at 7:37 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar