Lebih Menguntungkan Mana Investasi Tanah Atau Apartemen?


Memilih dan menentukan investasi tanah atau apartemen adalah pilihan yang sangat sulit untuk dijawab. Sekarang ini di Indonesia sedang marak para bisnisman menjalankan investasi ini, baik investasi rumah, aparteman dan tanah. 

Investasi Tanah Atau Apartemen
Investasi Tanah Atau Apartemen


Investasi ini tumbuh dengan pesat tanpa bisa dikendalikan, khususnya diwilayah perkotaan. Banyak orang berlomba lomba menginvestasikan uangnya untuk membeli tanah dan rumah untuk dijadikan tabungan masa depan.

Disamping punya banyak sekali keuntungan untuk melakukan jual beli investasi tanah, investasi tanah dan apartemen ini juga memiliki kekurangan atau kerugian. Kerugian ini bisa saja terjadi jika sebelum menjalankan investasi ini, investor belum mengetahui dan belum faham tentang bisnis properti ini. Oleh karena itu, untuk mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian sebelum menjalankan investasi tanah atau apartemen. Berikut adalah ulasanya.

Keuntungan dan kerugian investasi tanah

Keuntungan pertama jika menjalankan investasi tanah adalah tidak butuh biaya perawatan yang mahal, atau bisa dikatakan meskipun memiliki biaya perawatan, tetapi biaya perawatan tanah ini relative lebih kecil dibandingkan dengan investasi properti yang lain semisal rumah, toko, kantor dan juga kios.

Keuntungan lain dari investasi tanah adalah harga jual dari tanah ini akan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun. Hal ini disebabkan semakin banyak orang yang membutuhkan tanah, akan tetapi jumlah tanahnya sangat sedikit. Harga jual tanah ini akan bertambah meningkat dua kali lipat jika tanah ini terletak di lokasi yang strategis.

Selain hanya membutuhkan biaya perawatan yang sedikit dan memiliki harga jual yang bisa meningkat, investasi tanah ini juga memiliki nilai tambah atau nilai jual yang tinggi, jika lahan atau tanah tersebut dikembangkan. Salah satu contohnya adalah sekarang ini banyak dikembangkan sistem kavling tanah yang biasanya dijadikan untuk membangun rumah toko (ruko).

Setidaknya itulah keuntungan keuntungan yang diperoleh ketika menjalankan investasi tanah, akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah ada beberapa kekurangan yang bisa mengakibatkan kerugian yang harus sebisa mungkin untuk dihindari.

Salah satu contoh kekurangan dari investasi tanah adalah tidak bisa menghasilkan income atau pendapatan perbulan. Hal ini karena tanah ini tidak bisa disewakan. Akan tetapi tanah kosong ini akan lebih bernilai jika terletak di lokasi yang strategis, karena bisa disewakan sebagai lahan parkir.

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian jika menjalankan bisnis investasi tanah, berikut ini adalah ulasan tentang beberapa keuntungan dan kekurangan jika menjalankan investasi apartemen agar Anda bisa memilih dengan tepat investasi mana yang tepat antara investasi tanah atau apartemen

Keuntungan dan kekurangan investasi apartemen

Keuntungan pertama jika menjalankan investasi apartemen adalah harga jual apartemen ini akan menjadi sangat mahal, jika apartemen ini terletak dilokasi yang strategis. Dibandingkan dengan rumah, harga apartemen ini juga lebih mahal meskipun dalam segi ukuran, apartemen ini biasanya lebih kecil dibandingkan dengan rumah. 

Lokasi apartemen yang strategis juga sangat digemari karena apartemen ini biasanya dekat dengan berbagai macam fasilitas pendukung seperti mall dan restoran. Hal ini menjadikan apartemen ini sangat mudah disewakan karena banyak orang yang berminat ingin memiliki.

Akan tetapi apartemen juga memiliki kekurangan sama seperti tanah. Letak kekurangan jika menjalankan investasi apartemen adalah membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi. Selain itu ,biaya listrik dan air di apartemen juga lebih mahal.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa keuntungan dan kekurangan dari investasi tanah dan apartemen. Semoga dengan ulasan yang singkat ini, Anda sudah memiliki sedikit gambaran pilihan antara investasi tanah atau apartemen.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
November 17, 2015 at 9:07 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
FBS Indonesia
AUTHOR
January 27, 2016 at 10:16 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar